Bagaimana Prestasi Sepakbola Indonesia ???

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Satu-satunya organisasi sepakbola yang bersifat nasional yang mempunyai wewenang untuk mengatur, mengurus dan menyelenggarakan semua kegiatan/kompetisi sepakbola di Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, berarti usia PSSI hingga saat ini sudah 79 tahun. Usia yang cukup lanjut ini tidak sebanding dengan prestasi PSSI yang dicapai terutama di mata dunia. Prestasi tertinggi yang telah diraih di lingkungan ASEAN adalah memenangi Sea Games pada tahun 1991.Namun, sudah lebih dari satu dasawarsa sepakbola Indonesia belum mampu menjadi yang terbaik di ASEAN. Di ajang Piala AFF pun Indonesia belum pernah merasakan trophy juara.

Mengapa Sepakbola Indonesia Tak Berprestasi? Prestasi sepakbola tidak dapat diraih secara instant, butuh proses panjang untuk menciptakan sebuah prestasi. Salah satu cara meraih prestasti tersebut adalah dengan kompetisi sepakbola yang baik. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam kompetisi adalah pembinaan atau managemen dari suatu team tersebut. Dalam segi industri sepakbola saat ini, sepakbola adalah suatu sistem. Mulai dari wadah (kompetisi), Regulator (PSSI sebagai induk organisasi sepakbola tertinggi) hingga pelaksana (klub, suporter dan semua komponen penyelenggara pertandingan) harus bersinergi dan memiliki satu visi yang sama yaitu memajukan sepakbola Indonesia.

Industri adalah sebuah bisnis, sepakbola sebagai sebuah industri memiliki prospek untuk meningkatkan pendapatan. Uang memang penting, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menciptakan suatu iklim kompetisi yang kondusif bagi kepentingan industri sepakbola khususnya untuk prestasi sepakbola nasional. Namun di Indonesia seringkali terjadi bahwa penyelenggara, regulator dan pelaksana di lapangan berjalan sendiri-sendiri. APBD yang seharusnya dihapus dari sumber pendanaan masih diizinkan untuk dipakai, sanksi-sanksi yang semestinya tegas masih bisa dikompromikan dan klub merasa selalu punya uang untuk mengontrak pemain dengan harga mahal sedangkan pemain mudah merasa puas dengan apa yang sekarang sudah dicapai.

Ini adalah gambaran sepakbola Indonesia saat ini. Berkembang atau tidaknya sepakbola Indonesia berada pada titik ini. Harus ditemukan manusia yang mampu mendorong terciptanya iklim sepakbola yang baik di Indonesia agar sepakbola Indonesia bisa berprestasi di mata dunia.

Bagaimana Solusi Bagi Sepakbola Indonesia? Sepakbola Indonesia perlu melakukan perbaikan dalam beberapa hal, seperti perbaikan sarana dan prasarana sampai kepada pembentukan pemain yang berkualitas. Hal tersebut merupakan tugas yang sangat berat bagi organisasi ini, namun tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. Stadion di Indonesia mulai berbenah, stadion-stadion baru direncanakan mulai dibangun. Konsep pembinaan pun mulai diperhatikan.

Untuk melakukan segala perbaikan tersebut tentunya membutuhkan dana yang cukup besar. Dana tersebut dapat diperoleh dengan mencari sponsor. Sponsor dapat diperoleh dengan meningkatkan semangat masyarakat untuk menonton sepakbola serta perbaikan mental suporter. Banyaknya pemberitaan dan siaran langsung pertandingan sepakbola nasional, sponsor pun akan mendapat timbal balik karena produknyadapat lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya sponsor, klub tidak lagi kesulitan dalam mencari dana. Sehingga memudahkan kita dalam mencapai prestasi dunia.

Iklan