Indonesia Turun Peringkat Ke-136 FIFA

Peringkat Indonesia turun 16 tempat (minus 51 poin) dan harus puas bertengger di urutan ke-136 dalam peringkat dunia FIFA.

Situs resmi FIFA, Rabu menyebutkan Indonesia dijepit negara Bermuda yang berada di posisi 135 dan Hongkong yang menempati urutan 137.

Sementara Singapura lebih baik di urutan ke-120, sedang Thailand naik tujuh tempat dengan menempati urutan ke-98. Negara Asia lainnya Jepang di urutan ke-40 dan Korsel di posisi ke-49.

Sementara, Mesir, yang baru saja menjadi juara Afrika, merupakan tim yang mengalami lonjakan paling besar dalam peringkat dunia FIFA yang disiarkan Rabu, yakni melonjak 14 tempat untuk menduduki posisi ke-10 setelah meraih juara Piala Afrika tiga kali beruntun.

Dengan sembilan tim yang menduduki peringkat teratas dunia tetap mempertahankan posisinya, Mesir merupakan negara yang melonjak paling besar di bulan ini, dikutip dari AFP. Kamerun, yang disingkirkan oleh tim yang berjuluk “Pharaohs” itu di perempatfinal Piala Afrika 2010, melorot dari urutan ke-11 ke urutan ke-20.

Meskipun menjadi tim terkuat di Afrika, Mesir gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah kalah dari musuh bebuyutannya di Afrika Utara, Aljazair, dalam pertandingan “play-off” di Khartoum 18 November.

Dari tim-tim Afrika yang telah lolos ke putaran final Piala Dunia, Nigeria (urutan ke-15) dan finalis Piala Afrika, Ghana (urutan ke-27) masing-masing melonjak tujuh tempat.

Afrika Selatan memperbaiki peringkat mereka empat tingkat untuk menduduki posisi ke-81, meskipun tidak ambil bagian dalam putaran final Piala Afrika.

Berikut 10 besar peringkat dunia FIFA:

1. Spanyol

2. Brasil

3. Belanda

4. Italia

5. Portugal

6. Jerman

7. Prancis

8. Argentina

9. Inggris

10. Mesir (+14)

Iklan