Pelatnas Timnas Untuk AFF Championship 2010 Digelar Agustus

Pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk menghadapi AFF Championship 2010 kemungkinan besar baru akan dimulai pada awal Agustus mendatang. Proses perekrutan pemain, termasuk seleksi di antara puluhan pemain yang dinominasikan ke pelatnas, dilakukan mulai pekan ketiga Mei hingga akhir Juli.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Iman Arief mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar kelangsungan pelatnas untuk AFF Championship yang digelar Desember mendatang dengan babak penyisihan grup diadakan di Jakarta dan Hanoi, Vietnam.

Iman Arief menyebutkan, perekrutan pemain akan dilakukan oleh sebuah tim talent-scouting atau pemandu bakat yang terdiri dari beberapa elemen. Rekrutmen ini tidak hanya dikhususkan untuk timnas U-23 atau senior, akan tetapi juga yunior. Hal ini dimungkinkan karena pelatih kepala timnas, Alfred Rield, juga concern untuk pembinaan pemain yunior.

Menurut Iman Arief, tim pemandu bakat BTN akan terdiri dari tiga kelompok, yakni pemanduan bakat untuk pemain yunior yang akan dikoordinir oleh Satya Bagja, pemandu bakat pemain senior di bawah koordinasi Sutan Harhara, dan tim khusus untuk pencatatan statistik atau data-data. Jumlah tim talent-scouting ini antara enam sampai tujuh orang.

“Sutan Harhara nanti akan membawahi beberapa mantan pelatih atau pemain nasional,” jelas Iman Arief, Selasa (18/5) di Senayan.

Alfred Riedl sendiri baru bisa fokus untuk menangani para pemainnya pada awal Agustus, sebab satu bulan sebelumnya dia harus kembali ke Wina, Austria, untuk operasi kaki.

“Menurut rencana, dia pulang ke Wina awal Juli, dan kemungkinan besar baru kembali ke Jakarta akhir bulan itu,” papar Iman Arief, salah satu pimpinan di PT Bumi Resources tbk.

BTN selama sepekan terakhir melakukan diskusi yang intensif dengan para pelatih dan mantan pemain timnas. Di samping sekedar sharing untuk pelaksanaan proses pelatihan timnas yang mendukung pencapaian prestasi, diskusi juga dimaksudkan untuk memperoleh tim asistensi untuk Rield sendiri.

Sebab, di samping Wolfgang Pikal, Riedl juga mencari seorang pelatih lokal untuk menjadi asistennya. Nama yang mencuat untuk asisten pelatih lokal adalah Jaya Hartono, mantan pelatih Persib Bandung.

Adapun program dari jangka pendek dari BTN setelah direkrutnya pelatih kepala Alfred Riedl untuk Tim Nasional Senior adalah sebagai berikut :

1. Program Scouting (Pemantauan Pemain) :
– Tanggal 2 & 3 Juni 2010, Riedl akan mengumpulkan sekitar 23 pemain yang berasal dari wilayah timur untuk dipantau di Makassar
– Tanggal 6 & 7 Juni 2010, mengumpulkan 23 pemain dari wilayah barat untuk di pantau langsung di Jakarta

2. Training Camp dimulai sejak 14 Agustus – 1 Desember 2010 :
– Pemain semua tiba di Jakarta pada tanggal 13 Agustus 2010 untuk kemudian melakukan latihan perdana pada 14 Agustus 2010.
– Libur Hari Raya Idul Fitri pada 10 – 15 September 2010.
– Kembali latihan pada 16 September 2010 untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia

3. Kualifikasi Piala Dunia
– Tanggal 9 & 13 Oktober 2010

4. Persiapan Kejuaraan Independence Cup
– Tanggal 24 – 31 Oktober 2010

5. Kejuaraan AFF tanggal 2 – 27 Desember 2010
– Uji coba pertama jelang AFF Cup tanggal 10 Nov 2010
– Uji coba kedua jelang AFF Cup tanggal 17 Nov 2010
– Uji coba ketiga jelang AFF Cup tanggal 24 Nov 2010

[pssi-football]

Iklan